Blog

Generasi Muda untuk Regenerasi Kepemimpinan

young generation single page

Direktur Medco Holding, Yani Panigoro merupakan salah seorang CEO perempuan Indonesia yang rekam jejaknya tidak diragukan lagi. Ia tumbuh sebagai pemimpin yang tangguh dalam dunia bisnis yang pada saat itu dimonopoli oleh kaum pria. Kerja keras dan semangat pantang menyerah yang ia miliki membuat Yani mampu menduduki posisi strategis di jajaran direksi Medco. Dari pengalamannya terjun dalam dunia bisnis, ia melihat bahwa prestasi karyawan bukanlah dinilai oleh gender, tetapi kepercayaan diri dan juga ketangguhan dalam bekerja. Kedua hal ini pulalah yang selalu ia tekankan kepada seluruh karyawannya.

Yani Panigoro mengakui bahwa kunci sukses sebuah perusahaan bukan hanya ditentukan oleh pemimpinnya, tetapi juga oleh anak buah atau karyawan yang bekerja di dalamnya. Oleh karena itu, ia selalu menekankan bahwa aset terbesar Medco adalah Sumber Daya Manusia (SDM).

Kepedulian Yani terhadap pengembangan SDM di Medco berpengaruh pula terhadap kebijakan-kebijakan yang ia ambil. Ia cenderung untuk merekrut banyak fresh graduate untuk kemudian ditempatkan di posisi-posisi yang memungkinkan mereka belajar dari para seniornya. Selain itu, tak jarang pula Yani mengikutsertakan para karyawan muda untuk terlibat dalam proyek yang memacu mereka untuk mengeluarkan kreativitas mereka. Tidak kalah pentingnya ia juga mendorong bagian HR untuk rutin memberikan pelatihan-pelatihan kepada para karyawan.

Yani mengakui bahwa ia cukup keras dalam mendidik para karyawan, terutama kepada mereka yang masih muda. Ia sering menuntut para karyawan untuk mengerjakan tugas dengan jadwal yang ketat dan tidak jarang menegur mereka ketika tidak mampu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Bagi Yani mendidik para karyawan bukan hanya bertujuan meningkatkan ketrampilan mereka, tetapi yang lebih penting ialah mendorong mereka untuk dapat memunculkan sifat kepemimpinan.

Upaya pengembangan kepemimpinan ini penting mengingat bahwa masa depan Medco bukan lagi ada di tangannya. Masa depan Medco akan berada di tangan para generasi muda sehingga upaya regenerasi harus mulai dilakukan sejak dini.


Share   : 

Leave us your thought

(start with http://)