Pressroom

Siswa-Siswa SMK Merauke Belajar Mengenal Industri Pertanian Modern

 

Medco Foundation dan Medco Papua kembali menyelenggarakan Praktik Kerja Industri (Prakerin) yang diperuntukkan bagi siswa-siswa SMK. Prakerin angkatan pertama di tahun 2020 ini diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari 9 siswa dari SMKN 1 Kumbe dan 11 siswa dari SMKN 1 Jagebob.

Para siswa akan menjalani Program Prakerin di Site Wapeko milik Parama Pangan Papua dari 3 Februari hingga 31 Mei 2020. Selama kurang lebih tiga bulan para siswa akan mengikuti berbagai kegiatan seperti praktik budidaya pertanian secara modern, praktik pengelolaan industri pertanian, dan pelatihan pertanian dan kewirausahaan. Selama program mereka juga akan mendapat bimbingan langsung dari para pekerja di Parama Pangan Papua dan Bayer.

Koordinator Literasi dan Pendidikan Medco Foundation, Oktin Palupi menjelaskan bahwa melalui program ini diharapkan para generasi muda di Merauke dapat dikenalkan dengan sistem pertanian modern sehingga nantinya mereka dapat mandiri. “Harapannya mereka bisa mengembangkan pertanian di wilayah mereka secara mandiri sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan diri, keluarga, dan masyarakat secara umum,” ujarnya.

Program Prakerin diinisiasi oleh Medco Papua dan Medco Foundation bekerjasama dengan Kementerian pendidikan dan Kebudayaan, Bayer Indonesia, Universitas Prasetiya Mulya, dan Universitas Musamus Meruke. Sejak dilaksanakan pada 2017, hingga hari ini tercatat sebanyak 277 siswa dari 7 SMK terlibat dalam program ini.


Share   :