Pressroom

Medco Peduli Bantu Korban Banjir

 

Hujan deras dan meluapnya sejumlah sungai menyebabkan banjir serta tanah longsor di sejumlah daerah di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten pada 1 Januari 2020. Sedikitnya 61 orang meninggal dunia dan 27.971 orang mengungsi, mulai dari Kabupaten Bogor dan Bekasi di Jawa Barat, Kab. Lebak di Banten dan beberapa kawasan di DKI Jakarta.

Medco Foundation berkolaborasi dengan Medco Energi Internasional, Medco Intidinamika, dan Medco Agro bergerak membantu para korban bencana melalui Program Medco Peduli Jakarta-Jawa Barat-Banten. Beberapa donatur perorangan dan organisasi lain di Medco Group juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Organisasi tersebut di antaranya Badan Dakwah Islam (BDI) Medco Energi, Badan Koordinasi Umat Kristen Medco Energi, dan Masjid Yusuf-The Energy Building.

“Medco Peduli bertujuan membantu pemerintah dalam memenuhi kebutuhan dasar pengungsi korban bencana dan warga terdampak, mulai dari kebutuhan pangan hingga layanan kesehatan dalam masa tanggap darurat.,” ujar Rendra Permana, Koordinator Program Medco Peduli Bencana.

Rendra mengatakan Medco Disaster Response Team (MDRT) bergerak ke lokasi bencana untuk menyerahkan bantuan logistik dan pelayanan kesehatan mulai 2 Januari 2020. Adapun posko bantuan tanggap darurat dipusatkan di Pesantren Latansa, di Kabupaten Lebak, Banten, dengan area jangkauan hingga ke Kabupaten Bogor.

“Di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, tim berkonsentrasi pada evakuasi dan pemenuhan kebutuhan darurat para karyawan dan warga di sekitar perkantoran Medco,” ujarnya.

Selain pemenuhan kebutuhan makanan, logistik, dan pelayanan kesehatan, Medco Peduli juga melaksanakan kegiatan dukungan penguatan psikososial bagi anak-anak korban dan warga terdampak bencana.


Share   :