Blog

Cintai Lingkungan, Mulai dari Kantormu!

penghematan listrik single page

Bumi tempat kita tinggal ternyata berada dalam kondisi yang semakin memprihatinkan. Bahkan para ilmuwan berpendapat bahwa bumi akan mengalami masalah yang belum pernah dihadapi sebelumnya, seperti masalah air, polusi, dan hilangnya beberapa spesies di dalam rantai makanan. Tentunya kita tidak bisa hanya tinggal diam melihat kondisi tersebut. Tidak perlu melakukan hal-hal heroik, seperti menjadi perwakilan konferensi lingkungan ataupun membangun fasilitas daur ulang yang besar untuk menyelamatkan lingkungan. Karena banyak hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan di tempat kita bekerja untuk membuat bumi menjadi tempat yang lebih baik.

Tips menghemat air:

  1. Habiskan minumanmu. Sudah saatnya kita biasakan untuk meminum habis air yang ada di gelas kita, sehingga tidak ada air tersisa yang nantinya terpaksa harus dibuang.
  2. Gunakan satu gelas saja. Untuk keperluan minum di kantor, alangkah baiknya kita jangan terlalu sering berganti-ganti gelas. Semakin banyak gelas yang kita gunakan, maka semakin banyak pula air yang digunakan untuk mencuci gelas
  3. Jangan tinggalkan air dalam keadaan menetes. Jangan biarkan air dari keran wastafel menetes begitu saja. Tutup keran dengan sempurna dan hanya nyalakan ketika akan digunakan.
  4. Pilih tombol penyiram toilet secara tepat. Manfaatkan tombol flush yang kecil untuk keperluan buang air kecil, dan tombol flush besar untuk perluan buang air besar.

Tips menghemat energi:

Matikan peralatan elektronik ketika tidak digunakan. Ketika laptop, komputer sedang tidak digunakan untuk jangka waktu tertentu, misalnya ketika jam makan siang, maka set perangkat anda dalam kondisi sleep.

  1. Matikan peralatan elektronik ketika tidak digunakan. Ketika laptop, komputer sedang tidunakan untuk jangka waktu tertentu, contohnya ketika jam makan siang, maka set perangkat anda dalam kondisi sleep.
  2. Jika pengisian ulang baterai anda sudah penuh, segera cabut.
  3. Turunkan suhu AC. Hindari penggunaan suhu maksimal. Gunakan AC pada tingkatan sampai kita merasa cukup nyaman saja. Dan cegah kebocoran dari ruangan ber-AC Anda.

Share   : 

Leave us your thought

(start with http://)