Our Projects

Ongoing Projects

Industri Material

Pabrik Pengolahan Semen PT Semen Gombong

Deskripsi

Pada 1994, Medco melakukan salah satu langkah diversifikasi bisnis dengan memulai proyek pengolahan semen. Proyek pengembangan pabrik pengolahan semen berkapasitas 2,5 juta ton dipusatkan di Desa Nogoraji, Gombong, Jawa Tengah. Krisis ekonomi yang melanda Asia mengakibatkan pengembangan proyek tertunda pada 1997. Pada saat proyek terhenti, proses pembangunan di lapangan telah mencapai 7,83%, terdiri dari desain teknis dan infrastruktur dasar.

Melihat potensi yang cukup tinggi akan permintaan semen, pada akhir tahun 2011, Medco Group memutuskan untuk meneruskan kembali pengembangan pabrik pengolahan semen PT. Semen Gombong. Terhitung sejak Januari 2012 sampai dengan kuartal ketiga 2014, Medco Group telah berhasil melakukan beberapa langkah penting untuk pengembangan proyek, seperti studi kelayakan dan pemutakhiran izin terkait khususnya AMDAL.

Proses tersebut menghasilkan beberapa penemuan yang sangat signifikan, salah satunya dari sisi teknis, diketahui bahwa cadangan batu kapur berkualitas tinggi adalah sebesar 70,1 juta ton dengan umur 36 tahun dan cadangan tanah liat sebesar 20 juta ton dengan umur 41 tahun. Kapasitas produksi pabrik diperkirakan mencapai sekitar 2,5 juta ton per tahun, sehingga secara ekonomis menjadi peluang investasi yang menjanjikan.