Pressroom

Legal Forum: Mengenal Financial Technology

Fintech legal forum l

Medco Foundation bekerjasama dengan perusahaan start-up Gandeng Tangan menyelenggarakan Legal Forum dengan tema Financial Technology. Kegiatan berlangsung pada Rabu, 26 April 2017 di Ruang Anggrek, Gedung Medco, Jakarta Selatan. Hadir sebagai narasumber ialah Peneliti Eksekutif Senior Tim Pengembangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Hendrikus Passagi dan Chief Community Officer Gandeng Tangan, Darul Syahdanul.

Financial technology (Fintech) merupakan sebuah industri online di mana masyarakat dapat mengakses produk-produk keuangan dan melakukan transaksi keuangan dengan mudah. Salah satu perusahaan Financial Technology yang cukup berkembang di Indonesia ialah Gandeng Tangan. Gandeng Tangan muncul sebagai jembatan agar pemilik usaha sosial yang membutuhkan modal dan masyarakat yang ingin membantu dapat bekerjasama. Melalui wadah Gandeng Tangan, pemilik usaha sosial yang mungkin belum memiliki akses untuk mendapatkan fasilitas peminjaman dari bank dapat difasilitasi. Selain itu, pemilik modal juga mampu memilih sendiri jenis usaha sosial yang ingin didanainya.

Keberadaan Financial Technology mendorong OJK untuk mengeluarkan peraturan OJK nomor 77/ POJK.01/2016 tentang layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi. Maka melalui Legal forum ini, diharapkan seluruh staf Legal Medco Group yang umumnya masih merasa awam dengan konsep Fintech bisa mendapatkan pemahaman mengenai kinerja dari perusahaan Fintech dan detail peraturan yang mengatur layanan yang diberikan oleh perusahaan Fintech. Hal ini menjadi penting karena ke depannya bukanlah tidak mungkin jika Medco mulai melirik atau membantu usaha dengan platform fintech.


Share   :